NAWGITS

the online simple magazine

Technology

Menguak Prinsip Kerja Panel Surya dan Sederet Manfaatnya untuk Manusia

Berbagai langkah penemuan energi terbarukan untuk menghasilkan energi listrik banyak dilakukan seiring dengan penggunaan listrik yang mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan panel surya untuk memproduksi listrik. Seperti apa prinsip kerja panel surya sampai dapat menghasilkan listrik dan apa saja manfaatnya ? Simak ulasan berikut ini.

Prinsip Kerja dari Panel Surya

Cara kerja panel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik terjadi menggunakan prinsip efek photovoltaic. Dimana efek tersebut merupakan fenomena memunculkan tegangan listrik karena adanya hubungan antara 2 elektroda. Dan kedua elektroda ini saling dihubungkan menggunakan cairan atau sistem padatan ketika mendapatkan cahaya.

Prinsip kerja dari panel surya ini mulai terjadi saat pancaran sinar matahari yang terdiri atas foton, menabrak atom semikonduktor yang ada pada panel surya. Sehingga energi besar muncul dan memisahkan elektron dari struktur atomnya. Dimana elektron yang sudah terpisah tersebut akan memiliki muatan negatif yang bergerak ke arah konduktor dari material.

Sedangkan atom yang telah hilang elektron membuat strukturnya menjadi kosong dan disebutkan sebagai hole. Bagian tersebut akan memiliki muatan positif. Apabila terdapat elektron bebas dengan sifat negatif, maka dapat menjadi pendonor elektron atau semikonduktor tipe n.

Sementara untuk semikonduktor dengan hole yang memiliki muatan positif disebut sebagai semikonduktor tipe p yang menjadi penerima elektron. Hole dan elektron kemudian menjadi berlawanan karena adanya daerah positif dan negatif tersebut. Dimana hole akan jauh dari daerah positif dan sebaliknya elektron akan jauh dari daerah negatif.

Dengan prinsip kerja panel surya ini, maka arus listrik akan terjadi ketika anda memberikan alat alat listrik di daerah positif dan negatif yang ada. Intinya photovoltaic akan membentuk medan listrik dan mendorong elektron keluar dari sambungan silikon saat foton matahari menjatuhkan elektron bebas. Barulah elektron ini dapat mengalir ke berbagai sumber listrik dan bisa dimanfaatkan.

Manfaat Panel Surya

  1. Ramah Lingkungan

Menggunakan energi matahari yang didapatkan secara alami, menggunakan panel surya akan membuat anda terbebas dari pencemaran lingkungan. Bahkan anda tidak perlu merasa terganggu akibat polusi suara. Sebab alat pembangkit listrik tenaga surya ini tidak mengeluarkan suara bising maupun emisi gas rumah kaca selama prosesnya.

  1. Menghemat Biaya

Salah satu manfaat yang akan diperoleh dari penggunaan panel surya tidak lain adalah anda akan lebih hemat biaya. Karena dapat menghasilkan listrik secara mandiri menggunakan panel surya membuat konsumsi listrik PLN di rumah menjadi berkurang. Alhasil tagihan listrik per bulan juga akan diminimalisir. Menariknya, energi untuk menjalankan panel surya bisa anda peroleh secara gratis dari alam.

  1. Dapat Digunakan untuk Investasi

Memasang panel surya memunkinkan anda melakukan investasi untuk 7 hingga 8 tahun ke depan lantaran penghematan listrik yang dilakukan. Bahkan umumnya rumah yang memiliki panel surya akan dihargai jauh lebih mahal. Dan panel surya sendiri bisa awet sampai puluhan tahun apabila dirawat dengan baik.

  1. Pemasangan Fleksibel

Panel surya bisa anda pasang di mana saja secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan, asalkan tidak mengganggu. Mulai dari di lahan terbuka yang menghadap matahari secara langsung, atau di atas atap apabila anda tidak memiliki lahan khusus. Sehingga pemasangannya bisa anda letakkan di mana saja sesuai keinginan.

Dengan prinsip kerja yang sebenarnya sangat sederhana dan beragam manfaat yang ditawarkan, tidak heran apabila paket lengkap pemasangan panel surya kini semakin banyak dilirik oleh masyarakat. Terlebih anda bisa menemukan harga baterai tenaga surya yang cukup terjangkau di pasaran, membuat alat pembangkit listrik ini mulai menjadi tren di masyarakat.