Profil Singkat Beberapa Pesantren di Jakarta

Bagi masyarakat yang ingin belajar tentang agama Islam secara mendalam, mereka bisa belajar di berbagai lembaga pendidikan Islam. Salah satunya adalah pondok pesantren (ponpes). Keberadaan ponpes sebagai lembaga pendidikan agama Islam telah lama berkembang bahkan sebelum Indonesia merdeka. Selain itu, banyak ponpes yang tersebar di berbagai macam daerah. Salah satunya adalah kota Jakarta. Ponpes yang ada di Jakarta memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan tujuan pengajaran masing – masing ponpes. Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh ponpes juga sangat lengkap. Berikut ini beberapa rekomendasi dari ponpes yang ada di Jakarta.

Rekomendasi Ponpes di Jakarta

Salah satu rekomendasi ponpes di Jakarta adalah Pesantren Darunnajah. Pesantren ini merupakan sebuah pesantren modern dimana kurikulum yang digunakan merupakan campuran dari kurikulum pendidikan agama Islam dengan kurikulum nasional. Oleh karena itu, para santri akan belajar tentang agama Islam dan juga ilmu pengetahuan umum secara mendalam. Sehingga, lulusan dari Pesantren Darunnajah memiliki kompetensi yang akan membantu mereka untuk berkontribusi pada masyarakat. Pesantren Darunnajah telah berdiri sejak 1942 dan saat ini memiliki setidaknya 14 cabang pesantren yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Kota Jakarta juga memiliki sebuah pesantren yang secara khusus untuk menampung dan mendidik anak – anak jalanan agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik. Nama pesantren tersebut adalah Pesantren Kafila International Islamic School. Pesantren ini didirikan pada tahun 2005 oleh Ir. H. Abdullah Mas’ud dan Ustad Masrur Syamhari. Semakin berkembangnya pesantren ini membuat para donatur tertarik untuk menyumbangkan dana operasional bagi pesantren. Sehingga, saat ini Pesantren Kafila International Islamic School memiliki program di beberapa jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SMA.

Buntet Pesantren juga menjadi salah satu pesantren yang ada di Jakarta. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 1750. Pendirinya adalah KH Muqoyyim. Sejarah panjang dari Buntet Pesantren membuat pesantren ini memiliki sistem pendidikan yang sangat baik. Pesantren ini menggabungkan pendidikan agama Islam dengan pendidikan ilmu pengetahuan umum. Sehingga, lulusan dari pesantren ini memiliki kemampuan untuk berkontribusi di masyarakat. Selain itu, banyak santri dari Buntet Pesantren yang meraih prestasi. Pesantren ini juga memiliki beberapa jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SMA. Oleh karena itu, Buntet Pesantren menjadi salah satu pesantren yang direkomendasikan di Jakarta.

Pondok pesantren lainnya yang direkomendasikan di Jakarta adalah Pesantren Miftahul Ulum. Ponpes ini berlokasi di Jalan Madrasah, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. Pesantren Miftahul Ulum saat ini menggunakan metode klasikal sebagai metode pembelajaran. Meskipun pada awalnya, pesantren ini menggunakan metode sorogan sebagai metode dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, karena banyaknya jumlah santri yang belajar di pesantren ini membuat metode pembelajaran diubah dari sorogan menjadi klasikal. Pesantren ini juga menyediakan beberapa jenjang pendidikan yang bisa diikuti oleh para santri mulai dari TK hingga SMA.

Peluang Berjualan Peci Songkok

Setiap pondok pesantren tentu memiliki aturan yang spesifik mengenai pakaian apa yang digunakan selama proses pembelajaran. Hal ini juga terjadi di beberapa pondok pesantren yang ada di Jakarta. Salah satu ornamen pakaian yang dibutuhkan adalah peci songkok yang merupakan penutup kepala bagi santri laki – laki. Kebutuhan peci songkok yang besar menjadi peluang bagi para pedagang. Mereka bisa mendapatkan harga jika membeli peci songkok dari grosir peci kopiah songkok.