Perbedaan Pengggunaan Jam dalam Bahasa Inggris

Seperti penggunaan bahasa asing pada umumnya, perbedaan penggunaan keterangan jam dalam Bahasa Inggris harus dipahami agar keterangan waktu yang dimaksut dapat dimengerti dengan mudah. Perubahan AM dan PM menjadi basic yang sudah bisa dipastikan terjadi, sehingga Anda perlu melihat standar utama dari perbedaan waktu yang diterapkan. Jika dibandingkan dengan perbedaan waktu di Indonesia, Bahasa Inggris lebih memusatkannya pada konteks siang dan pagi.

Berbeda dengan Indonesia yang pembagian waktu didasarkan pada perbedaan wilayah, sehingga di Tanah Air terdapat 3 bagian waktu yang tidak sama. Sampai disini, Anda dapat melihat bahwa pembagian waktu Bahasa Inggris lebih sederhana dan mudah diterapkan. Bagi Anda yang masih merasa kesulitan, percayalah bahwa penilaian tersebut terjadi hanya karena Anda belum terbiasa. Selain itu, penggunaan waktu dalam Bahasa Inggris sering ditunjukan melalui penempatan keterangan. Misalnya saja, morning, afternoon, dan night. Cukup mudah bukan?

Cara Mudah Pengggunaan Waktu dalam Bahasa Inggris

Waktu adalah bagian yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Hal serupa terjadi pada pernyataan jam atau waktu dalam Bahasa Inggris. Berhubung aturan yang digunakan berbeda, Anda mesti paham batasan waktu yang diterapkan. Ketentuannya berbeda dengan basic waktu di Indonesia, sehingga Anda mesti melihat perubahan penggunaan waktu dari ketentuan yang diberlakukan. Dilansir dari Harvest English Institute, berikut penggunaan jam dalam Bahasa Inggris:

  1. Penggunaan past dan to

Cara pertama yang paling sering digunakan ialah past dan to. Penerapan kata ‘past’ didasarkan untuk menunjukan arti lebih. Misalnya saja, It’s ten past seven ( 3: 7) artinya, jam tujuh lebih 10 menit. Sedangkan kata ‘to’ digunakan sebagai penggunaan waktu yang menunjukan arti kurang. Misalnya saja, It’s ten to seven. Artinya, jam 10 kurang 7 menit.

  1. Penggunaan quarter dan half

Cara kedua untuk menunjukan penggunaan waktu adalah quarter dan half. Pembagiannya sendiri dibagi menjadi 4 bagian, yaitu: quarter past, quarter after, quarter to, dan half past.

  1. Penggunaan AM dan PM

Seperti yang sudah diketahui, penggunaan AM ditujukan untuk menunjukan waktu dari 0 hingga pukul 12. Sedangkan PM sebagai penggunaan waktu yang dimulai dari pukul 12 hingga 24.

  1. Penggunaan Noon, midday, dan midnight

Bagi Anda yang ingin simpel menunjukan pukul 12 siang. Silakan sebutkan it’s noon atau it’s midday. Sedangkan bagi Anda yang ingin menyatakan 12 malam, maka sudah seharusnya menggunakan it’s midnight. Aturan penggunaan waktu ini memang sesederhana itu, sehingga Anda tidak perlu bingung dengan ketentuan yang diterangkan.

  1. Penggunaan O’clock

Kata O’clock sering digunakan untuk menyatakan ‘tepat’. Contoh, it’s One o’clock artinya ini jam 1 tepat.

Kesalahan yang Terjadi dalam Penerapan O’clock

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, O’clock hanya boleh digunakan untuk menyatakan ‘tepat’. Anda tidak disarankan menggunakan  waktu tersebut, ketika jam yang dimaksut mempunyai lebih ataupun kurang dalam menit. Contoh, It’s two o’clock ( jam 2 tepat). Aturannya bakal sangat fatal, ketika Anda menggunakan o’clock untuk jam dua lebih dua menit. Pasalnya, merujuk pada ketentuan cara penyebutan waktu. Jam dua lebih dua menit harus menggunakan ‘past’ sebagai imbuhan waktu yang tepat. Standar ini tidak boleh disalah artikan atau salah pengucapan, sehingga Anda harus benar-benar memahami perbedaan waktu yang bakal diucapkan.