4 Jenis Motif Batik Lasem Yang Populer

Motif Batik Lasem Rembang Jawa Tengah cukup terkenal. Uniknya batik Lasem misalnya pada tiap motif akulturasi kultur Jawa dan Tiongkok. Makanya corak budaya keduanya begitu kental dalam batik ini. Hal unik lain batik Lasem adalah proses pembuatanya masih dilakukan dengan cara tradisional.

4 Jenis Motif Batik Lasem

1. Batik Lasem Burung Hong

Motif batik lasem burung hong adalah motid batik terinspirasi ide kisah legenda burung hong atau Fenghuang. Burung ini lambangkan keabadian dan keindahan.

2. Batik Lasem Liong atau Naga

Motif batik lasem liong atau naga bermakna  harapan mulia dan simbol perjalanan spiritual. Naga Pada tradisi Tiongkok,seringkali dihubungkan dengan sumber kekuatan alam.  Makanya  naga sering melambangkan kekuatan alam yang hebat.

3. Batik Lasem Gunung Ringgit

Motif batik lasem gunung ringgit maknanya harapan supaya pemakai batik ini dikaruniai kekayaan.  Juga bermakna harapan. Namun motif ini juga konon berisi sindiran kepada yang ingin kaya dan orang kaya. Kekayaan harus dicari dengan jalan baik tidak rugikan orang lain.

4. Batik Lasem Kricak (Watu Pecah)

Motif kricak atau watu pecah ini paling populer dari motif batik Lasem. Motif warna pecah sendiri punya makna historis mendalam utamanya pada sejarah masa lalu di Lasem yang kelam ketika rakyat Lasem jadi buruh mengerjakan proyek di Rembang tanpa diberi upah era kolonial abad ke 18.

Batik Lasem Kricak Watu Pecah merupakan ekspresi kekesalan rakyat Lasem kala itu atas perlakuan penjajah menjadikan mereka pekerja kasar tanpa gaji, memecah bebatuan besar sampai jadi kricak hingga banyak dari mereka kelaparan dan terserang penyakit. Kekesalan rakyat Lasem atas perlakuan ini diekspresikan kemidoan menjadi motif batik watu pecah.

Fakta Unik Batik Lasem

Nah setelah mengenal beberapa motif batik Lasem, berikut fakta unik batik lasem yang perlu anda ketahui.

1. Hasil Akulturasi Budaya Jawa dan Tiongkok

Fakta unik batik lasem pertama, adalah hasil akulturasi budaya jawa dan Tiongkok. Sehingga hasilkan motif beragam yang artistik.Oleh karena itu, salah satu karakteristik dari batik lasem adalah adanya perpaduan budaya antar motif tradisional dan Tiongkok. Dan akulturasi ini telah terjadi ratusan silam hingga kini masih tetap bertahan dengan berbagai modifikasi motif batik yang selaras jaman.

2. Mempunyai Berbagai Motif Khas

Fakta unik batik lasem lainya adalah punya beragam motif yang sarat makna. Misalnya motif gambar bunga  berserakan disebut juga sekar jagad. Ada juga motif lainya seperti motif latohan yang mengangkat konsep gambar buah, tanaman yang ada di tepian laut. Motif batik Lasem juga punya tingkat kerumitan tinggi. Penggemera batik dan kolektor sangat menyukai batik lasem.

3. Unsur Warna Batik Berani dan Mencolok

Fakta unik lainya batik Lasim yaitu warnanya batik dan mencolok. dengan ciri khas warna merah darah ayam. (getih pitik, istilah bahasa jawa). Warna ini dari pewarna alami dari pohon pace atau mengkudu hasilkan warna merah.

4. Harganya Cukup Tinggi

Fakta unik batik Lasem berikutnya adalah harganya cukup tinggi hingga puluhan juta. Hal ini karena kebanyakan batik lasem proses pembuatanya tradisional menggunakan tangan dan berjenis batik tulis berkualitas tinggi. Dengan proses manual, tingkat kerumitan tinggi pada pengerjaan motif. Tak heran jika batik lasem bernilai tinggi.

5. Terdapat Banyak Sentra Batik Lasem

Fakta unik batik lasem lainya, adalah terdapat banyak sentra batik lasem dimana mana. Di Lasem sendiri, hampir tiap desa bisa dijumpao pengrajin batik lasem. Juga ada sentra eisata batik Lasem seperti doropayung, karaskepoh dan lain lain.

Kerajinan membatik sudah mengakar di dalam kehidupan masyarakat Lasem, maka di setiap desa Anda bisa menjumpai para pengrajin batik. Lasem sendiri mempunyai beberapa desa sentra wisata batik, seperti Pohlandak, Karaskepoh, Doropayung dan lain-lain.

Lasem juga punya sentra industri seperti di Ngemplak, Soditan, Babagan, Gedongmulyo, Karangturi. Jika anda ingin membelinya secara online, bisa menyempatkan diri mengunjugi webiste Batik Prabuseno untuk belanja batik lasem maupun melihat beragam koleksi batik Lasem.