3 Peninggalan Kerajaan Gow Tallo Terunik

Gowwa Tallo merupakan kerajaan kembar kesultanan yang ada di Sulawasi Selatan. Kerajaan ini mencapai kejayaannya pada abad ke –17. Ini merupakaj kerajaan yang islam di Sulawesi.

Meskipun kerajaan ini sudah tidak ada, tapi masih ada beberapa sisa peninggalan di Indonesia, Berikut ini penjelasannya, yaitu :

  1. Ford Rotterdam

Ford Rotterdam adalah sebuah peninggalan bersejarah yang sangat mengagumkan dari kerajaan gowa tallo. Ini adalah sebuah bagunan benteng yang megah yang dibangun oleh I Mangrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung. Dia adala Raja Gowa ke-9 pada sekitar tahun 1545. Letak benteng ini berada di pesisir pantai tepatnya di sebelah barat kota Makassar.Pada zaman dahulu bententg ini disebut dengan Benteng Panyyua dan fungsinya sebagai markas pasukan katak kerajaan Gowa.

  1. Balla Lompoa

Balla Lompoa adalah sebauh istana yang digunaja sebagai tempat tinggal Sultan Gowa. Istana ini sangat luas mencapai 4 hektar. Istana ini masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Balla Lompoa dibangung oleh Raja Gow XXXV I Mangimingi Daeng Martutu yang bergelar sebagai Sultan Muhammad Tahir Muhibuddin pada sekitara tahun 1936. Letaknya berada di Jalan Sultan Hasanudin No. 48 Sungguminasas Gowa Sulawesi Selatan.

  1. Maskjdi Katangka

Masjid Katangka mempunyai nama lain sebagai masjid Al Hilal. Ini adalah masjid paling tua di Sulawesi Selatan. Letaknya berada di Kelurahan Katangka, kecamatan Somba Opu, Gowa.